IndeksCalendarFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin

Share | 
 

 Gejala Penyakit Diabetes

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
adew_SardeW
Tim penghibur
Tim penghibur


Jumlah posting : 860
Join date : 05.03.08
Age : 30
Lokasi : Ls 20 derajat-Bt 23 derajat-Lu 32 derajat East Bandung

PostSubyek: Gejala Penyakit Diabetes   Mon Jul 07, 2008 9:12 am

Gejala

Tiga serangkai yang klasik tentang gejala kencing manis adalah polyuria ( urination yang sering), polydipsia ( dahaga ditingkatkan dan masukan cairan sebagai akibat yang ditingkatkan) dan polyphagia ( selera yang ditingkatkan). Gejala ini boleh kembang;kan sungguh puasa diset dicetak 1, terutama sekali di anak-anak ( bulan atau minggu) tetapi mungkin sulit dipisahkan atau dengan sepenuhnya absen & & mdash; seperti halnya mengembang;kan jauh lebih pelan-pelan & mdash; diset dicetak 2. Diset dicetak 1 [di/ke] sana boleh juga jadilah kerugian berat/beban ( di samping normal atau yang ditingkatkan makan) dan kelelahan yang tidak dapat diperkecil lagi. Gejala ini boleh juga menjelma diset dicetak 2 kencing manis di pasien kencing manis siapa adalah dengan kurang baik dikendalikan. Gejala awalnya berhubungan dengan efek langsung dari kadar gula darah yang tinggi. Jika kadar gula darah sampai diatas 160-180 mg/dL, maka glukosa akan sampai ke air kemih. Jika kadarnya lebih tinggi lagi, ginjal akan membuang air tambahan untuk mengencerkan sejumlah besar glukosa yang hilang. Karena ginjal menghasilkan air kemih dalam jumlah yang berlebihan, maka penderita sering berkemih dalam jumlah yang banyak (poliuri).

Akibat poliuri maka penderita merasakan haus yang berlebihan sehingga banyak minum (polidipsi).

Sejumlah besar kalori hilang ke dalam air kemih, penderita mengalami penurunan berat badan. Untuk mengkompensasikan hal ini penderita seringkali merasakan lapar yang luar biasa sehingga banyak makan (polifagi).

Gejala lainnya adalah pandangan kabur, pusing, mual dan berkurangnya ketahanan selama melakukan olah raga. Penderita diabetes yang kurang terkontrol lebih peka terhadap infeksi.

Karena kekurangan insulin yang berat, maka sebelum menjalani pengobatan penderita diabetes tipe I hampir selalu mengalami penurunan berat badan. Sebagian besar penderita diabetes tipe II tidak mengalami penurunan berat badan.

Pada penderita diabetes tipe I, gejalanya timbul secara tiba-tiba dan bisa berkembang dengan cepat ke dalam suatu keadaan yang disebut dengan ketoasidosis diabetikum. Kadar gula di dalam darah adalah tinggi tetapi karena sebagian besar sel tidak dapat menggunakan gula tanpa insulin, maka sel-sel ini mengambil energi dari sumber yang lain. Sel lemak dipecah dan menghasilkan keton, yang merupakan senyawa kimia beracun yang bisa menyebabkan darah menjadi asam (ketoasidosis). Gejala awal dari ketoasidosis diabetikum adalah rasa haus dan berkemih yang berlebihan, mual, muntah, lelah dan nyeri perut (terutama pada anak-anak). Pernafasan menjadi dalam dan cepat karena tubuh berusaha untuk memperbaiki keasaman darah. Bau nafas penderita tercium seperti bau aseton. Tanpa pengobatan, ketoasidosis diabetikum bisa berkembang menjadi koma, kadang dalam waktu hanya beberapa jam.

Bahkan setelah mulai menjalani terapi insulin, penderita diabetes tipe I bisa mengalami ketoasidosis jika mereka melewatkan satu kali penyuntikan insulin atau mengalami stres akibat infeksi, kecelakann atau penyakit yang serius.

Penderita diabetes tipe II bisa tidak menunjukkan gejala-gejala semala beberapa tahun. Jika kekurangan insulin semakin parah, maka timbullah gejala yang berupa sering berkemih dan sering merasa haus. Jarang terjadi ketoasidosis. Jika kadar gula darah sangat tinggi (sampai lebih dari 1.000 mg/dL, biasanya terjadi akibat stres-misalnya infeksi atau obat-obatan), maka penderita akan mengalami dehidrasi berat, yang bisa menyebabkan kebingungan mental, pusing, kejang dan suatu keadaan yang disebut koma hiperglikemik-hiperosmolar non-ketotik.

Gejala awalnya berhubungan dengan efek langsung dari kadar gula darah yang tinggi. Jika kadar gula darah sampai diatas 160-180 mg/dL, maka glukosa akan sampai ke air kemih. Jika kadarnya lebih tinggi lagi, ginjal akan membuang air tambahan untuk mengencerkan sejumlah besar glukosa yang hilang. Karena ginjal menghasilkan air kemih dalam jumlah yang berlebihan, maka penderita sering berkemih dalam jumlah yang banyak (poliuri).

Akibat poliuri maka penderita merasakan haus yang berlebihan sehingga banyak minum (polidipsi).

Sejumlah besar kalori hilang ke dalam air kemih, penderita mengalami penurunan berat badan. Untuk mengkompensasikan hal ini penderita seringkali merasakan lapar yang luar biasa sehingga banyak makan (polifagi).

Gejala lainnya adalah pandangan kabur, pusing, mual dan berkurangnya ketahanan selama melakukan olah raga. Penderita diabetes yang kurang terkontrol lebih peka terhadap infeksi.

Karena kekurangan insulin yang berat, maka sebelum menjalani pengobatan penderita diabetes tipe I hampir selalu mengalami penurunan berat badan. Sebagian besar penderita diabetes tipe II tidak mengalami penurunan berat badan.

Pada penderita diabetes tipe I, gejalanya timbul secara tiba-tiba dan bisa berkembang dengan cepat ke dalam suatu keadaan yang disebut dengan ketoasidosis diabetikum. Kadar gula di dalam darah adalah tinggi tetapi karena sebagian besar sel tidak dapat menggunakan gula tanpa insulin, maka sel-sel ini mengambil energi dari sumber yang lain. Sel lemak dipecah dan menghasilkan keton, yang merupakan senyawa kimia beracun yang bisa menyebabkan darah menjadi asam (ketoasidosis). Gejala awal dari ketoasidosis diabetikum adalah rasa haus dan berkemih yang berlebihan, mual, muntah, lelah dan nyeri perut (terutama pada anak-anak). Pernafasan menjadi dalam dan cepat karena tubuh berusaha untuk memperbaiki keasaman darah. Bau nafas penderita tercium seperti bau aseton. Tanpa pengobatan, ketoasidosis diabetikum bisa berkembang menjadi koma, kadang dalam waktu hanya beberapa jam.

Bahkan setelah mulai menjalani terapi insulin, penderita diabetes tipe I bisa mengalami ketoasidosis jika mereka melewatkan satu kali penyuntikan insulin atau mengalami stres akibat infeksi, kecelakann atau penyakit yang serius.

Penderita diabetes tipe II bisa tidak menunjukkan gejala-gejala semala beberapa tahun. Jika kekurangan insulin semakin parah, maka timbullah gejala yang berupa sering berkemih dan sering merasa haus. Jarang terjadi ketoasidosis. Jika kadar gula darah sangat tinggi (sampai lebih dari 1.000 mg/dL, biasanya terjadi akibat stres-misalnya infeksi atau obat-obatan), maka penderita akan mengalami dehidrasi berat, yang bisa menyebabkan kebingungan mental, pusing, kejang dan suatu keadaan yang disebut koma hiperglikemik-hiperosmolar non-ketotik.

Diabetes dan puasa

Pasien yang cukup terkendali dengan pengaturan makan saja tidak mengalami kesulitan kalau berpuasa. Pasien yang cukup terkendali dengan obat dosis tunggal juga tidak mengalami kesulitan untuk berpuasa. Obat diberikan pada saat berbuka puasa. Untuk yang terkendali dengan obat hipoglikemik oral (OHO) dosis tinggi, obat diberikan dengan dosis sebelum berbuka lebih besar daripada dosis sahur. Untuk yang memakai insulin, dipakai insulin jangka menengah yang diberikan saat berbuka saja. Sedangkan pasien yang harus menggunakan insulin (DMTI) dosis multipel, dianjurkan untuk tidak berpuasa dalam bulan Ramadhan[/justify].[3]


Sumber : Wikipedia
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://profiles.friendster.com/sardew
bams
Dosen
Dosen


Jumlah posting : 339
Join date : 01.07.08
Lokasi : pasteurizes

PostSubyek: Re: Gejala Penyakit Diabetes   Mon Jul 07, 2008 1:43 pm

sip bagus bro
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
adew_SardeW
Tim penghibur
Tim penghibur


Jumlah posting : 860
Join date : 05.03.08
Age : 30
Lokasi : Ls 20 derajat-Bt 23 derajat-Lu 32 derajat East Bandung

PostSubyek: Re: Gejala Penyakit Diabetes   Mon Jul 07, 2008 2:15 pm

bams wrote:
sip bagus bro

sip,.,sup,,sip,,sup b-(
dbaca teu eta teh Bams b-(

dsar b-(
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://profiles.friendster.com/sardew
senot
Dosen
Dosen


Jumlah posting : 237
Join date : 03.05.08
Age : 31
Lokasi : bouebat

PostSubyek: Re: Gejala Penyakit Diabetes   Thu Jul 10, 2008 11:10 pm

bwt yg penderita diabet hindari mknan yg manis2, minuman bersoda, durian, nangka, sawo, permen, nasi, mknan siap saji...kalo bs mah konsul ma dokter ahli gizi tuk mknan sehari2..tips dr dokter ku tersayank kalo mkn tepat wkt yaitu jam 7-8pagi, 12-13siang, 7-8 mlm..
oh ya kt jg hrs sering kontrol minimal 2 minggu sekali dan maksimal tuh 1 bln sekali..
pnykt diabet ga bs jauh2 dr obatnya coz sk kambuh <kaya not kl tlt mnum obat lngsng pusink kdng pingsan jg:-(>
jaga kshtan coz sehat tuh mahal hrganya...
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
andre Insyaf
Guru
Guru


Jumlah posting : 181
Join date : 05.05.08
Age : 37
Lokasi : Parapatan Lima cakeut Pasar kosambi

PostSubyek: Re: Gejala Penyakit Diabetes   Fri Jul 11, 2008 4:19 pm

Diabetes melitius
wah bahaya bener....
matak kudu olah raga nya baraya
ceuk c dokter
olah rga pakangkal kesehatan
olah hati pangkal kasih sayang
olah cinta pangkal jomlo melulu
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
adew_SardeW
Tim penghibur
Tim penghibur


Jumlah posting : 860
Join date : 05.03.08
Age : 30
Lokasi : Ls 20 derajat-Bt 23 derajat-Lu 32 derajat East Bandung

PostSubyek: Re: Gejala Penyakit Diabetes   Fri Jul 11, 2008 4:49 pm

senot wrote:
bwt yg penderita diabet hindari mknan yg manis2, minuman bersoda, durian, nangka, sawo, permen, nasi, mknan siap saji...kalo bs mah konsul ma dokter ahli gizi tuk mknan sehari2..tips dr dokter ku tersayank kalo mkn tepat wkt yaitu jam 7-8pagi, 12-13siang, 7-8 mlm..
oh ya kt jg hrs sering kontrol minimal 2 minggu sekali dan maksimal tuh 1 bln sekali..
pnykt diabet ga bs jauh2 dr obatnya coz sk kambuh <kaya not kl tlt mnum obat lngsng pusink kdng pingsan jg:-(>
jaga kshtan coz sehat tuh mahal hrganya...

bner bnget Not......tv apa boleh buat penyakit diabetes bisa menyebabkan Komplikasi .,,,,seperti Jantung ,,,gagal ginjal,,,hati,,,,dan kebutaan.....

JAga kesehatan barudak ,,,kumaha lamun engke kita bikin acara Senam bareng dengan Penderita Penyakit diabetes ...yach itung-itung kegiatan sosial juga Very Happy Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://profiles.friendster.com/sardew
andre Insyaf
Guru
Guru


Jumlah posting : 181
Join date : 05.05.08
Age : 37
Lokasi : Parapatan Lima cakeut Pasar kosambi

PostSubyek: Re: Gejala Penyakit Diabetes   Fri Jul 11, 2008 5:03 pm

adew_SardeW wrote:
senot wrote:
bwt yg penderita diabet hindari mknan yg manis2, minuman bersoda, durian, nangka, sawo, permen, nasi, mknan siap saji...kalo bs mah konsul ma dokter ahli gizi tuk mknan sehari2..tips dr dokter ku tersayank kalo mkn tepat wkt yaitu jam 7-8pagi, 12-13siang, 7-8 mlm..
oh ya kt jg hrs sering kontrol minimal 2 minggu sekali dan maksimal tuh 1 bln sekali..
pnykt diabet ga bs jauh2 dr obatnya coz sk kambuh <kaya not kl tlt mnum obat lngsng pusink kdng pingsan jg:-(>
jaga kshtan coz sehat tuh mahal hrganya...

bner bnget Not......tv apa boleh buat penyakit diabetes bisa menyebabkan Komplikasi .,,,,seperti Jantung ,,,gagal ginjal,,,hati,,,,dan kebutaan.....

JAga kesehatan barudak ,,,kumaha lamun engke kita bikin acara Senam bareng dengan Penderita Penyakit diabetes ...yach itung-itung kegiatan sosial juga Very Happy Very Happy

masukan buat nambah acara kopdar sekalian
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
senot
Dosen
Dosen


Jumlah posting : 237
Join date : 03.05.08
Age : 31
Lokasi : bouebat

PostSubyek: Re: Gejala Penyakit Diabetes   Fri Jul 11, 2008 5:47 pm

kalo kt ga kontrol bs jd kena penyakit lainnya sprt ginjal, jantung, kolestrol, dan penyakit lainnya...kalo mau senam brng ma penderita diabet tnggal dtng aja k rshs setiap hr jumat jam 6 ampe jam 8 pagi..kalo mau jd anggotanya jg bs tnggal byr 100rban kl ga slh nnt dpt kaosnya..dah gt stp 1 bln sekali jalan2 k t42 yg sejuk dan enakeun
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
adew_SardeW
Tim penghibur
Tim penghibur


Jumlah posting : 860
Join date : 05.03.08
Age : 30
Lokasi : Ls 20 derajat-Bt 23 derajat-Lu 32 derajat East Bandung

PostSubyek: Re: Gejala Penyakit Diabetes   Fri Jul 11, 2008 5:48 pm

senot wrote:
kalo kt ga kontrol bs jd kena penyakit lainnya sprt ginjal, jantung, kolestrol, dan penyakit lainnya...kalo mau senam brng ma penderita diabet tnggal dtng aja k rshs setiap hr jumat jam 6 ampe jam 8 pagi..kalo mau jd anggotanya jg bs tnggal byr 100rban kl ga slh nnt dpt kaosnya..dah gt stp 1 bln sekali jalan2 k t42 yg sejuk dan enakeun

Not meuni tahu banget Surprised
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://profiles.friendster.com/sardew
senot
Dosen
Dosen


Jumlah posting : 237
Join date : 03.05.08
Age : 31
Lokasi : bouebat

PostSubyek: Re: Gejala Penyakit Diabetes   Fri Jul 11, 2008 5:50 pm

oh yah lupa..kalo ada yg kena diabet d usahain jgn byk pikiran kt dokter not itu bs membuat gula darah na naek alias kambuh lg..
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
adew_SardeW
Tim penghibur
Tim penghibur


Jumlah posting : 860
Join date : 05.03.08
Age : 30
Lokasi : Ls 20 derajat-Bt 23 derajat-Lu 32 derajat East Bandung

PostSubyek: Re: Gejala Penyakit Diabetes   Fri Jul 11, 2008 6:07 pm

bener not ...itu salah satunya bikin gula darah naek,,,,,apalagi dtambah kegiatan yang bikin cape banget,,!!!
tv selama kegiatan itu bikin senang toch kita ga bisa ngelarang ,,,, soalnya perasaan seseorang disaat senang atau sedih menjadi salah satu faktor naeknya gula darah juga juga ,.,,


aduh bapa tong seuer pikiran nyack ,,keun weh tong dipikiran adew mah ,,,, salam
adew mah tos aya jalanna nyalira ,.,, salam
Bapa irha atuh urg gapleh deui Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://profiles.friendster.com/sardew
senot
Dosen
Dosen


Jumlah posting : 237
Join date : 03.05.08
Age : 31
Lokasi : bouebat

PostSubyek: Re: Gejala Penyakit Diabetes   Sat Jul 12, 2008 8:11 am

iya dew karasa ku not ge...
tonk gapleh atuh remi we hapy smile hapy smile
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
adew_SardeW
Tim penghibur
Tim penghibur


Jumlah posting : 860
Join date : 05.03.08
Age : 30
Lokasi : Ls 20 derajat-Bt 23 derajat-Lu 32 derajat East Bandung

PostSubyek: Re: Gejala Penyakit Diabetes   Sun Jul 13, 2008 9:30 pm

senot wrote:
iya dew karasa ku not ge...
tonk gapleh atuh remi we hapy smile hapy smile

aduh kumaha nyack ouugh c bapa mah da teu bisaan maen remi ouugh
Gapleh lagi joged Gapleh lagi joged Gapleh lagi joged kitu weh ouugh

lamun rek gapleh sok dsamper ku baturan babeh teh sabari ngagorowok .,...MARI KITA santa
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://profiles.friendster.com/sardew
Sponsored content




PostSubyek: Re: Gejala Penyakit Diabetes   Today at 9:54 am

Kembali Ke Atas Go down
 
Gejala Penyakit Diabetes
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» xeroderma pigmentosum
» Lagi jalan pelan kok si ninin mati n susah di starter???
» STANG NININ GETAR ....DITANYA KENAPAAAH ?
» mesin tiba2 mati dan susah sekali hidup....help...
» knalpot nembak mesin kadang brebet

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
 :: obrolan santai :: Kesehatan-
Navigasi: